Sabtu, 23 November 2013

Upgrading Mentor 1

0 komentar

Alhamdulillah,  segala puji bagi Allah SWT. Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Rasulullah SAW berserta keluarga dan para sahabat serta umatnya yang tetap istiqomah di jalan-Nya.

Pada hari Minggu tanggal 27 Oktober 2013, bertempat di Masjid An-Nur Kampus 2 Polinema telah diselenggarakan upgrading mentor pertama. Upgrading mentor merupakan rangkaian kegiatan mentoring mahasiswa baru Politeknik Negeri Malang yang ditujukan untuk seluruh mentor periode 2013/2014. Upgrading sedianya akan dilaksanakan tiga kali dalam periode mentoring tahun ini. Tujuan diadakan upgrading adalah untuk mengajarkan bagaimana menyampaikan materi pengajaran mentoring yang baik dan menarik, mengetahui perannya sebagai mentor (panutan / uswah), serta menjadikan mentor yang berkualitas.

Kegiatan ini dibuka oleh sambutan ketua pelaksana upgrading mentor, Faqih Fadlullah. Ucapan syukur tak hentinya disampaikan atas nikmat kesempatan yang diberikan oleh Allah. Pada kegiatan kali ini ketua umum Rispol, Ahmad Rabiul Abdillah mengingatkan kembali tentang tujuan diadakannnya mentoring dan menekankan pentingnya peran mentor dalam mewujudkan tujuan kegiatan mentoring tersebut.  Tema yang diangkat pada upgrading mentor yaitu “Dengan Ilmu Perbaiki Diri Sendiri dan Orang Lain”.

Acara diawali dengan kegiatan diskusi dan evalusi kegiatan mentoring. Tim mentor yang diwakili oleh Alfian Dienul Maulana dan Lukman Khakim memulai evalusi dengan menyampaikan informasi penting bagi para mentor. Diantaranya mengenai penarikan kontribusi mahasiswa baru untuk kegiatan kenduri kebudayaan dan polinema bersholawat pada 14, 16 November 2013 serta pentingnya pemantauan perkembangan mente oleh mentor. Untuk setiap mentor diharapkan dapat mengkader paling sedikit satu mente untuk diajukan menjadi calon mentor di periode mendatang. Selain itu disampaikan pula tentang penjaringan bibit muda Musabaqoh Tilawatil Qur’an Politeknik Negeri Malang. Seluruh mahasiswa Polinema yang berminat, berbakat atau telah memiliki prestasi di bidang seni baca Al Qur’an sedianya akan dibina dan diharapkan dapat berkontribusi dalam kegiatan ini.

Poin-poin evaluasi bersama pada upgrading kali ini adalah masalah respon mentor yang kurang baik terhadap jarkom sms rekapitulasi pertemuan oleh tim mentor. Diharapkan mentor lebih aktif melaporkan perkembangan mentoring kelompoknya pada tim, agar kendala yang dihadapi dapat dipecahkan bersama. Dimungkinkan pula terdapat penambahan jumlah mentor, apabila terjadi perubahan akan segera diinformasikan. Evaluasi bersama ini berguna untuk menjembatani aspirasi mentor dengan tim mentoring serta memberikan solusi bersama untuk mentoring yang lebih baik.

Upgrading mentor 1 berlangsung semakin menarik dengan materi pemantapan bacaan Al Qur’an yang disampaikan oleh Ust. Mursyid dari UMMI Foundation. Sesuai tujuan utama kegiatan mentoring yaitu menciptakan mahasiswa yang ihsan, berakhlaqul karimah serta mampu membaca Al Qur’an, materi kali ini mempertajam kemampuan mentor untuk mengajarkan bacaan Al Qur’an yang benar kepada mente. Peserta semakin antusias dengan beberapa penekanan materi seperti huruf isti’la, alunan panjang-pendek dan makhrojul huruf. Pada akhirnya, materi bermuara pada pengharapan kita atas pemahaman Al-Qur’an. Lantunan doa khotmil qur’an yang syahdu mengiringi materi berakhir.

Subhanakallohumma wabihamdhika asyhaduallailahailla anta astaghfiruka wa atubuilaik. Acara upgrading mentor 1 ditutup dengan doa yang begitu khidmat. Semoga dengan upgrading mentor dapat memperdalam ilmu serta memotivasi mentor untuk terus berjuang mensyiarkan Islam di kampus perjuangan. Semoga mentoring dapat membangun semangat mahasiswa Polinema untuk terus berkarya bagi agama, nusa dan bangsa. Senyum Mentoring, Senyum Polinema. (by AlRe Ment)

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan tanggapan, kritik dan saran Antum yang membangun ...., syuktron katsir

 
Mentoring Polinema © 2013-2014 LK. Supported by RISPOL and Polinema